Manfaat Kulit Manggis

Manggis atau garcinia mangostana merupakan buah yang tumbuh subur di daerah beriklim tropis. Buah ini tidak hanya bermanfaat dari dagingnya saja, tetapi kulitnya juga memiliki manfaat yang lebih banyak. Senyawa xanthone yang terdapat pada bagian dalam kulit manggis dianggap dapat mengobati berbagai jenis penyakit.

Selain xanthone, ada beberapa kandungan penting lainnya yang terdapat pada kulit manggis seperti kalsium, fosfor, vitamin B1, vitamin B2, potasium yang berguna bagi kesehatan.

Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Queen of fruits (ratu dari segala jenis buah) ini dapat diolah dengan cara merebus kulitnya maupun mengkonsumsinya melalui kemasan kapsul yang berisi ekstrak kulit manggis. Lantas, apa saja manfaat kulit manggis tersebut? Begini penjelasannya.

manfaat kulit manggis

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat ekstrak kulit manggis dianggap ampuh menjaga kesehatan jantung. Senyawa xanthone dalam kulit manggis dapat menjadikan tumpukan lemak pada darah menyusut, sehingga aliran darah menuju jantung menjadi lancar dan jantung koroner dapat dihindari.

Selain itu, kandungan kalium dalam kulit manggis juga berperan aktif sebagai pengontrol tekanan darah sekaligus detak jantung. Maka dengan mengkonsumsi kulit manggis Anda sekaligus dapat menghindari risiko stroke.

2. Mengontrol kadar gula darah

Menurut studi ilmiah, kulit manggis memiliki kandungan alpha amylase yaitu zat fungsinya menyerupai obat diabetes tipe kedua. Zat ini diklaim dapat menghambat enzim dalam tubuh yang nantinya akan menghasilkan glukosa.

Manfaat rebusan kulit manggis dapat Anda konsumsi melalui minuman teh atau sejenisnya. Olahan ini dianggap bekerja maksimal untuk mengontrol kadar gula di usus yang berlebih sehingga tidak terserap oleh darah.

Akan tetapi proses ini perlu diikuti dengan niat menerapkan pola hidup sehat seperti rutin berolahraga dan konsumsi sayur serta buah-buahan, hingga menggunakan manfaat lidah buaya.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Bagi Anda yang miliki aktivitas yang padat atau kondisi pekerjaan yang mengharuskan stamina prima, Anda dapat mencoba manfaat garcia kulit manggis. Garcia merupakan bentuk kapsul kemasan dari ekstrak kulit manggis, praktis untuk dikonsumsi. Kapsul ini memiliki nutrisi berupa vitamin C dan senyawa anti mikroba yang  dihasilkan oleh kulit manggis dapat menjaga daya tahan tubuh Anda.

4. Mencegah penyakit kanker

Antioksidan yang dimiliki oleh senyawa xanthone ternyata dapat digunakan untuk mencegah beberapa penyakit tronis, termasuk kanker. Antioksidan dipercaya mampu menghindari sel kanker berproliferasi.

Baca juga: Oris breast cream cegah kanker payudara dengan kandungan manggis nya

Manfaat rebusan kulit manggis dianggap sebagai penangkal paling ampuh untuk radikal bebas yang menyebabkan penyakit kanker. Dengan minum air rebusan kulit manggis atau berupa olahan teh, maka sel kanker akan mati.

5. Menjaga kesehatan mata dan tulang

Tidak hanya orang dewasa, manfaat ekstrak kulit manggis juga dapat dirasakan oleh anak-anak sebagai pendukung kekuatan dan perkembangan tulang. Selain itu, kalsium pada kulit manggis berfungsi sebagai pencegahan osteoporosis.

Hal penting lainnya dari kulit manggis yakni kandungan vitamin A yang tentunya dapat dimanfaatkan bagi kesehatan mata seperti mencegah rabun senja dan melindungi retina mata.

manfaat ekstrak kulit manggis

Mengatasi jerawat

Anda sedang miliki masalah dengan jerawat? Jangan khawatir, Anda dapat menggunakan ekstrak kulit manggis sebagai pemulihan jerawat Anda. Zat berbahaya dapat dilenyapkan oleh antioksidan dari kulit manggis, radikal bebas pembentuk jerawat pun dapat ditekan agar berkurang produksinya.

Dari penjelasan di atas dapat Anda lihat banyaknya manfaat yang diperoleh dari kulit manggis. Namun, perlu diketahui bahwa belum ada label fitofarmaka (belum ada uji klinis dari BPOM) tentang kepastian dan cara kerja obat yang komposisinya terdiri dari ekstrak kulit manggis.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin merasakan manfaat kulit manggis ini, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi secara berlebihan. Segera lakukan pemeriksaan medis, apabila ditemukan gejala alergi atau efek samping. Semoga bermanfaat.

Last updated: