Manfaat Lidah Buaya

Aloe vera atau lidah buaya. Pasti Anda sudah cukup familiar dengan tanaman dengan daun berdaging tebal dan sedikit berduri mirip kaktus ini bukan?

Tanaman yang berasal dari Arab dan termasuk ke dalam famili xanthorrhoeaceae dan genus aloe ini selama berabad-abad lamanya telah dikenal sebagai herbal yang terbukti manjur khasiatnya untuk kesehatan. Tak heran, produk kesehatan dengan komposisi utama lidah buaya banyak diminati masyarakat, termasuk diantaranya Oris Breast Cream.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Ada banyak sekali manfaat dari lidah buaya untuk kesehatan. Berikut ini adalah 6 contoh diantaranya adalah

manfaat lidah buaya

1. Mengurangi plak gigi

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang pertama adalah mengurangi plak gigi. Plak gigi merupakan masalah kesehatan mulut yang banyak dialami masyarakat. Secara umum, plak gigi dipahami sebagai lapisan yang melapisi gigi, bersifat lengket dan mengandung banyak bakteri.

Jika sudah menumpuk, karena dibiarkan terlalu lama plak gigi akan menyebabkan kerusakan serius pada gigi dan infeksi gusi. Oleh karena itu, plak gigi harus rutin dibersihkan atau dihilangkan.

Studi membuktikan, gel lidah buaya efektif membunuh bakteri penyebab plak gigi, yaitu streptococcus mutans dan candida albicans. Itu sebabnya, gel lidah buaya banyak dimanfaatkan sebagai komposisi utama bahan produk pasta gigi.

2. Meningkatkan imunitas

Tahukah Anda? Lidah buaya sangat kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh. Jadi, mengkonsumsi jus maupun suplemen lidah buaya secara rutin dapat meningkatkan imunitas tubuh Anda.

Peningkatan daya tahan tubuh tersebut juga bisa didapatkan dengan memanfaatkan kencur sebagai salah satu bahan herbal untuk menjaga kesehatan.

3. Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Banyak masyarakat menggunakan produk shampo, lotion maupun masker yang mengandung lidah buaya karena kandungan vitamin (seperti A, B12, C, E), zinc dan kolagen pada lidah buaya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut (mencegah rontok juga ketombe) dan kesehatan kulit (mengencangkan juga mencerahkan).

4. Mengatasi masalah pencernaan

Salah satu manfaat lidah buaya untuk penyakit adalah mengatasi masalah pencernaan. Lidah buaya diketahui mampu merangsang pelepasan enzim lambung (pepsin) yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu juga dapat meningkatkan kadar bakteri baik dan membuang parasit berbahaya di saluran pencernaan.

Baca juga: Manfaat kunyit untuk perut kembung dan maag

5. Membantu atasi diabetes

Lidah buaya dapat membantu atasi diabetes dan sangat tepat dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 1 dan 2, karena mengandung kromium dan aloe emodin yang bersifat hipoglikemik (menurunkan kadar gula darah). Kromium dikenal mampu merangsang sekresi insulin oleh sel-sel beta pankreas dengan baik. Sementara aloe emodin merupakan senyawa organik di dalam lidah buaya berperan untuk menurunkan kadar gula darah.

manfaat lidah buaya untuk kesehatan

6. Menyembuhkan luka lebih cepat

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang terakhir adalah terkenal efektif menyembuhkan luka lebih cepat. Cara yang paling sering digunakan adalah mengaplikasikan gel lidah buaya pada luka, khususnya luka bakar dan lecet.

Selain kaya akan kandungan senyawa glukomanan yang dapat mempercepat pertumbuhan regenerasi sel kulit dan kolagen, gel lidah buaya juga diketahui memiliki efek anti inflamasi, antivirus dan antiseptik (simak juga: Foredi Gel dengan antiseptik alami)

Itulah 6 manfaat lidah buaya untuk kesehatan. Luar biasa bukan? Namun meski banyak manfaatnya, sangat penting diingat mengkonsumsi lidah buaya tidak boleh sembarangan.

Untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi seperti kram perut dan diare yang sering diakibatkan oleh kandungan latex lidah buaya yang berlebih, sebaiknya sebelum mengkonsumsinya konsultasikan dulu dengan dokter ya.

Terlebih jika Anda mengidap penyakit tertentu atau sedang mengandung yang membutuhkan penanganan khusus.  Sekian dan semoga informasi ini bermanfaat.

Last updated: