Manfaat Merica untuk Kesehatan

Hampir semua masakan nusantara bercita rasa pedas, terutama di daerah Sulsel dan Sumbar yang mahir mengolah bahan makanan dengan cabai dan merica. Selain membuat makanan lebih nendang, manfaat merica untuk kesehatan juga sangat banyak.

Kandungan vitamin A, vitamin K, vitamin B, zinc, kalsium, mangan dan kandungan lainnya pada merica, efektif untuk mencegah dan mengobatinya beberapa penyakit. Beberapa studi ilmiah juga menerbitkan hasil penelitian yang menyebutkan merica baik untuk tubuh kita.

Manfaat Merica untuk Kesehatan

manfaat merica

Mereka yang hobi makan makanan pedas biasanya berteman baik dengan sambal dan bubuk merica. Selain membuat lidah Anda terbakar, merica juga memiliki sejumlah manfaat seperti berikut:

1. Menjaga otak sehat

Tahukah Anda tentang penyakit Parkinson atau Alzheimer? Keduanya merupakan penyakit degenerasi otak yang mayoritas diderita oleh lansia. Penderita Alzheimer kehilangan fungsi ingatannya secara bertahap.

Sementara penyakit Parkinson menyebabkan penderitanya tidak mampu mengontrol gerak tubuhnya dengan baik. Manfaat merica hitam antara lain membantu menurunkan resiko Alzheimer sekaligus mempertahankan dopamine yang dibutuhkan oleh penderita Parkinson.

2. Meningkatkan libido pria

Mengkonsumsi obat kuat atau lemah syahwat memberikan banyak efek samping negative setelahnya. Berbeda bila Anda makan makanan yang mengandung merica atau mengkonsumsi ramuan merica. Bumbu dapur ini bekerja secara alami untuk meningkatkan libido pria.

Kandungan aktif pada merica disinyalir mampu melancarkan aliran darah. Sementara antioksidannya bagus untuk menambah stamina sehingga tidak mudah lelah ketika berhubungan intim, maka tak heran jika Foredi yang ada kandungan mericanya jadi herbal legendaris untuk membuat tahan lama berhubungan intim.

Karena itu Pria! Dapatkan seluruh manfaat merica bagi pria dengan mengkonsumsinya setiap hari.

Baca juga: Rahasia! Manfaat tongkat ali untuk gairah pria

3. Baik untuk kesehatan jantung

Bukan hanya otak saja yang harus diperhatikan kesehatannya, fungsi jantung juga sama pentingnya. Jaga kesehatan jantung dengan mengkonsumsi merica. Efek panas yang diberikan merica memicu tubuh mengeluarkan keringat dari dalam tubuh.

Menjaga kadar air dalam tubuh tetap seimbang juga efektif mengangkat beban kerja paru-paru. Solusi ini baik bagi mereka yang tidak suka mengeluarkan keringat dengan berolahraga. Namun, pastikan terlebih dahulu kadar kepedasan yang mampu Anda terima. Setiap orang memiliki level kepedasan yang berbeda.

4. Perawatan pasca stroke

Manfaat merica hitam disebut-sebut efektif membantu pemulihan pasca stroke. Aroma merica yang khas dan kuat bekerja secara reaktif untuk mengaktifkan fungsi menelan.

Sudah menjadi rahasia umum bila stroke menyebabkan kelumpuhan. Bukan hanya di kaki atau tangan, beberapa orang bahkan sulit berbicara atau menelan makanan. Dengan menghirup merica, penderita stroke diharapkan dapat menyingkirkan gangguan sulit menelan yang selama ini mereka alami.

5. Mengatasi sakit kepala

Tidak kalah dengan merica hitam, manfaat merica putih juga sama banyaknya termasuk mengobati sakit kepala. Kandungan capsaicin pada merica bekerja sebagai tembok penahan enzim neuropeptide yang menyebabkan sakit kepala.

Untuk hasil optimal, Anda bisa membuat ramuan herbal menggunakan berbagai tanaman herbal termasuk merica. Menghirup aroma pedas dari merica juga efektif menenangkan pikiran. Efeknya hampir sama dengan lavender atau mint.

6. Melawan depresi

Masalah ada untuk diselesaikan bukan dipendam di dalam kepala dan dibiarkan hingga menjadi bom yang siap meledak kapan saja. Cara efektif melawan depresi cukup dengan mengkonsumsi merica secara berkala.

manfaat merica putih

Kandungan piperine pada merica membantu meningkatkan produksi serotonin dalam otak. Perasaan Anda semakin lama akan makin membaik hingga tidak lagi membutuhkan obat antidepresan.

Selain keenam manfaat di atas, merica juga baik untuk merawat kecantikan kulit dan rambut. Beberapa wanita terkadang mengkonsumsi ramuan merica untuk menurunkan berat badan. Karena kandungan capsaicin diklaim mampu membakar kalori.

Setelah mengenal berbagai manfaat merica, masihkah Anda menghindari bumbu dapur ini? Tambahkan merica sesuai selera dan kemampuan lidah Anda untuk menerima level kepedasannya sekaligus mendapatkan berbagai manfaatnya.

Last updated: