Manfaat Tomat

Sebenarnya tomat itu sayur atau buah sih? Pertanyaan ini sudah menjadi buah bibir sejak dulu. Dianggap sayur karena kerap ada dalam masakan dan dinilai sebagai buah karena bentuk fisiologisnya. Terlepas dari kontroversi sayur atau buah, manfaat tomat untuk kesehatan ternyata melimpah.

Memiliki nama latin Solanum lycopersicum, tomat mudah hidup dengan baik di daerah tropis terlebih di dataran tinggi. Itulah mengapa, keberadaannya di Indonesia sangat melimpah. Meski ditemui setiap hari, masih tidak banyak yang tahu bahwa buah berwarna merah ranum ini punya khasiat baik.

7 Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan

Di dalam buah berbentuk bulat ini ada banyak kandungan zat mulai dari likopen, vitamin C, vitamin K, kalium, dan folat. Lalu apa manfaatnya untuk tubuh?

manfaat tomat

1. Mencegah pertumbuhan kanker

Siapa yang menyangka jika buah yang diameternya tidak lebih dari 10 cm ini berkhasiat untuk mencegah pertumbuhan kanker. Di dalamnya terdapat senyawa antioksidan. Beberapa antioksidan dalam tomat ialah likopen, asam klorogenat, dan beta karoten.

Senyawa tersebut memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas yang memicu pertumbuhan sel kanker. Itulah mengapa memakan tomat bisa menjadi salah satu solusi sehat yang baik untuk pencegahan kanker. Molekul-molekul antioksidan di dalam tomat ini punya kapasitas yang berbeda dalam menangkal radikal bebas.

Gak heran jika tomat menjadi salah satu kandungan penting di dalam produk Oris Breast Cream, selain membuat kenyal payudara wanita juga untuk bantu mencegah sel penyebab kanker payudara.

2. Baik untuk kesehatan jantung

Senyawa utama yang spesial ada di dalam tomat ialah likopen, yakni pigmen warna merah pada tomat. Likopen dinilai mampu mencegah adanya oksidasi lipid yang bisa menyebabkan penyakit jantung. Tidak hanya itu, manfaat buah tomat juga sangat baik untuk menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat di dalam tubuh.

Baca juga: Manfaat kulit manggis untuk jantung sehat

Beberapa kandungan lain seperti kalum, vitamin C, kolin, folat, dan serat dalam tomat juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Menjaga kesehatan kulit

Tidak hanya organ dalam tubuh yang merasakan manfaat dari tomat. Kulit pun merasakan khasiat dari buah berwarna kemerahan ini. Sudah ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa senyawa likopen dalam tomat mampu menjaga kulit dai sunburn atau terik matahari yang kuat.

4. Menjaga kesehatan mata

Dari organ dalam lalu kulit sekarang berpindah ke mata. manfaat buah tomat untuk kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi. Di dalam tomat ada vitamin A yang bersifat sebagai antioksidan sekaligus mampu menjaga kesehatan mata. Mulai dari meningkatkan penglihatan, mencegah degenerasi makula, hingga mencegah rabun senja.

5. Mengendalikan tekanan darah

Kabar baik bagi penderita hipertensi. Dengan mengkonsumsu tomat secara rutin, Anda bisa mengurangi tekanan darah. Hal itu didapatkan dari kandungan potassium yang cukup tinggi.

Potassium atau kalium ini berfungsi sebagai vasolidator yang mampu melebarkan pembuluh darah yang akan membuat aliran darah menjadi lancar. Hal itu akan membantu tekanan darah untuk menurun.

6. Membantu melancarkan sistem pencernaan

manfaat buah tomat untuk kesehatan

Tomat memiliki khasiat yang baik untuk saluran pencernaan. Kandungan serat di dalamnya dinilai mampu merangsang gerakan peristaltik usus. Hal itu akan mengurangi gejala konstipasi dan menurunkan risiko gangguan lain pada usus.

7. Menurunkan risiko diabetes

Kandungan serat yang ada di dalam tomat membuatnya dinilai bisa menurunkan risiko penyakit diabetes. Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa serat mampu mengontrol kadar gula darah, kadar insulin, dan lipid di dalam tubuh.

Tidak salah jika tomat memang perlu dikonsumsi setiap hari. Seperti yang telah diuraikan di atas, manfaat buah tomat untuk kesehatan memang baik. Meski berukuran tidak besar, khasiatnya tidak main-main.  mudah dicari dan harga terjangkau, tomat bisa menjadi camilan sehat Anda dan keluarga.

Last updated: