Manfaat Lemon

Sitrun atau lemon adalah buah sejenis jeruk yang kerap digunakan sebagai penyedap dan penyegar makanan atau minuman oleh masyarakat. Rasanya cenderung asam dengan kadar gula 2% lebih tinggi dibandingkan jeruk nipis (yang hanya 0,5 – 0,75 %).

Tidak hanya kaya akan asam sitrat, asam folat dan vitamin seperti vitamin C, B1, B2, B3, B5 dan vitamin E, lemon juga banyak mengandung mineral dan senyawa penting seperti kalsium, potasium, magnesium, zat besi, niasin dan fosfor. Karena kandungannya ini, lemon populer sebagai buah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat Lemon untuk Kesehatan

Dari sekian banyak manfaat jeruk lemon untuk kesehatan yang mungkin pernah Anda dengar, tak semuanya terbukti ampuh lho. Lalu manfaat apa sajakah yang telah terbukti ampuh dan diakui secara medis? Berikut ini 6 contohnya.

manfaat lemon

1. Menjaga kesehatan jantung

Contoh manfaat yang pertama adalah menjaga kesehatan jantung. Alasannya, karena lemon merupakan buah yang kaya akan serat vitamin C. Dalam satu lemon saja sudah mengandung 31 miligram vitamin C (51% rekomendasi asupan nutrisi tubuh harian). Selain itu, kandungan hesperidin dan diosmin pada lemon juga bermanfaat menurunkan kadar kolesterol.

Dengan mengambil manfaat tomat sekaligus mengkonsumsi lemon secara rutin dapat menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terkena stroke.

2. Mengontrol berat badan

Kandungan lemon yang kaya nutrisi dapat membantu memperbaiki metabolisme tubuh. Dengan begitu berat badan pun dapat lebih terkontrol.

Tahukah Anda, terutama bagi pria, dengan berat badan yang terjaga baik merupakan indikasi bahwa metabolisme tubuh berjalan secara baik, termasuk gula darah yang normal. Karena gula darah yang selalu tinggi bisa jadi momok serius bagi kaum pria yang sudah menikah.

Salah satunya mengalami gejala ketidakmampuan membutkikan kejantanan di atas ranjang. Karena itu baik adanya jika seorang pria dewasa yang sudah menikah untuk bisa mengontrol berat badannya secara baik sekaligus berolahraga teratur, agar kinerja organ reproduksi berfungsi sebagaimana mestinya.

Simak juga ya:

3. Mencegah penyakit batu ginjal

Penyakit batu ginjal dapat Anda alami jika zat hasil metabolisme tubuh yang seharusnya terbuang malah mengendap di ginjal dan mengkristal (mengeras seperti batu). Asam sitrat pada lemon dapat bermanfaat mencegah penyakit ini, karena memberikan efek meningkatkan volume urinasi dan kadar pH pada urine.

Konsumsi setengah gelas jus lemon setiap hari saja sudah dapat membantu Anda mencegah penyakit batu ginjal.

4. Membantu mencegah anemia

Kekurangan zat besi pada tubuh dapat menyebabkan anemia. Cara mendapat asupan zat gizi yang paling mudah diserap usus adalah dengan mengkonsumsi daging, ayam dan ikan. Sementara zat gizi yang berasal dari sayuran tergolong tak mudah diserap usus.

Nah, salah satu manfaat air lemon(yang kaya vitamin C dan asam sitrat) adalah dapat membantu penyerapan zat gizi oleh usus dengan lebih mudah. Jadi, mengkonsumsinya secara rutin dapat membantu mencegah anemia karena asupan kebutuhan zat besi pada tubuh dapat terpenuhi.

5. Mengurangi risiko kanker

Mengkonsumsi air lemon secara rutin diketahui dapat mengurangi risiko tubuh terkena kanker. Berdasarkan hasil studi, orang yang sering mengkonsumsi buah buahan kaya sitrat memiliki risiko kanker lebih rendah dibandingkan yang jarang/tidak mengkonsumsinya.

Baca juga: Oris Breast Cream untuk memadatkan payudara dan cegah kanker payudara wanita.

Meski efeknya pada setiap tubuh manusia tidak sama, banyak kandungan pada lemon (khususnya beta-cryptoxanthin dan hesperidin) terbukti dapat menghancurkan sel kanker dan tumor.

manfaat air jeruk lemon

6. Menyehatkan pencernaan

Menyehatkan pencernaan juga telah terbukti sebagai manfaat minum air lemon (beserta bulirnya). Lemon terdiri dari sekitar 10% karbohidrat yang sebagian besar berbentuk serat larut dan gula sederhana. Dalam buah ini terdapat pektin yang mana bisa membantupencernaan, utamanya usus agar bekerja lebih optimal. Bahkan pencernaan pati dan gula bisa lebih lambat. Jadi, dapat menurunkan kadar gula darah pula.

Karena keasamannya, tidak semua orang dapat mengkonsumsi lemon terutama penderita maag. Jadi, jika ingin menjadikannya sebagai pilihan menu diet sehat, sebaiknya Anda konsultasikan dulu kepada dokter. Sekian ulasan beberapa contoh manfaat lemon untuk kesehatan yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat membantu Anda menjalani hidup sehat.

Last updated: