Manfaat Jahe

Siapa yang tidak tahu jahe? Tumbuhan yang biasa ditanam di pekarangan rumah ini sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan masakan yang biasa dimakan setiap hari juga kerap merupakan campuran dari rimpang asli Indonesia ini.

Tidak hanya sebagai salah satu bahan kandungan di dalam produk Foredi Gel, manfaat jahe untuk kesehatan juga melimpah. Karena manfaatnya ini, jahe dimasukkan dalam kelompok tanaman toga. Itulah mengapa sejak ribuan tahun lalu tanaman ini tidak pernah punah, selalu dilestarikan dengan baik.

Ragam Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

manfaat jahe merah

Selayaknya tanaman toga yang lain, jahe memiliki beberapa fungsi sekaligus bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya?

1. Meningkatkan sistem imun

Setiap makhluk hidup pasti ingin punya sistem imun yang kuat. Terlebih di era pandemi seperti sekarang ini, kekebalan tubuh yang bagus dinilai dapat mencegah virus, bakteri, dan penyakit lain untuk berkembang dalam tubuh.

Jahe memiliki kandungan vitamin C dan magnesium yang bisa meningkatkan sistem imun dalam tubuh.  Tidak hanya itu, adanya beberapa zat seperti gingerol, shogaol, dan zingerones juga memiliki fungsi sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh. Itulah mengapa disarankan untuk mengkonsumsi jahe untuk bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

2. Antikanker

Seperti yang telah disebutkan di atas, jahe memiliki zat yan befungsi sebagai antioksidan. Sifat antioksidatif pada jahe mampu mencegah penyakit kanker. Mengapa demikian? Kanker merupakan penyakit yang dipicu oleh sel-sel reaktif yang tidak seharusnya berada di dalam tubuh.

Nah, adanya antioksidan ini mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker tersebut. Itulah mengapa jahe memiliki sifat antikanker. Namun, keabsahannya masih dilakukan penelitian lebih lanjut.

3. Anti inflamasi

Ingin mencegah penuaan dini? Jahe bisa menjadi salah satu solusi yang tepat. Di dalamnya terdapat kandungan zat yang bersifat anti-inflamasi yang bisa memperlambat proses penuaan.

4. Meredakan batuk dan sakit tenggorokan

Manfaat jahe merah yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Jahe merah bahkan kerap dijadikan herbal yang wajib dikonsumsi saat sedang batuk dan sakit tenggorokan. Adanya kandungan flavonoid di dalam jahe merah inilah yang membuatnya mampu menejadi penawar batuk dan radang tenggorokan.

5. Mengatasi rematik

Tidak hanya meredakan batuk dan sakit tenggorokan, flavonoid di dalam jahe merah juga bisa berfungsi untuk mengatasi rematik. Penyakit ini disebabka adanya radang di persendian yang jika dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan pembengkakan yang serius.  Salah satu upaya yang bisa dilakukan ialah dengan mengkonsumsi jahe.

6. Meringkankan sakit kepala

manfaat jahe untuk kesehatan

Manfaat jahe merah untuk kesehatan lainnya ialah kemampuannya meringankan sakit kepala. Adanya zat kamfena dengan cita rasa pedas mampu menghangatkan tubuh dan meredakan sakit kepala. Cara menggunakannya juga mudah, cukup merebus jahe merah kemudian meminum air hasil rebusannya. Tidak lama kemudian, sakit kepala yang dirasakan akan segera reda.

7. Meredakan nyeri haid

Pada wanita, nyeri yang terjadi ketika sedang haid bisa membuat kehilangan kekuatan untuk melakukan aktivitas seperti biasanya. Untuk mengatasinya, jahe merupakan pilihan yang tepat. Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa jahe mampu meredakan nyeri selayaknya ibuprofen dan asam mefenamat.

Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa mengkonsumsi air rebusan jahe kurang lebih sebanyak empat gelas. Rebusan jahe diminum pada masa awal menstruasi. Tidak hanya meredakan rasa nyeri, jahe juga bisa menghangatkan tubuh dan memberi efek menenangkan pada perut.

Baca juga: Ladyfem untuk keseahtan organ reproduksi wanita

Mulai dari meningkatkan sistem imun sampai meredakan nyeri haid, manfaat jahe untuk kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi. Tanaman rimpang yang satu ini multfungsi, bisa dijadikan sebagai bumbu dapur dan obat herbal sekaligus. Apakah Anda pernah mencobanya?

Last updated: