Manfaat Gambir

Siapa yang tidak mengenal gambir? Pasti ada yang masih awam dengan tanaman gambir. Sejak dulu, nenek moyang telah menggunakan gambir sebagai alternatif obat herbal untuk berbagai macam penyakit. Namun sekarang tidak banyak yang mengenal tanaman merambat ini. padahal, manfaat gambir untuk kesehatan sangatlah baik.

Memiliki nama ilmiah Uncaria gambir robx, bunga tanaman ini sekilas mirip dengan rambutan yang sudah matang, berbentuk bulat dengan mahkota pink kemerahan. Daunnya oval dengan ujung meruncing. Dengan bentuk yang indah dan perawatan yang baik, tanaman herbal ini juga bisa digunakan untuk memeperindah taman atau pekarangan.

Inilah Manfaat Gambir untuk Kesehatan

Apa saja sih khasiat gambir bagi kesehatan? Berikut ulasannya

manfaat gambir

1. Mencegah obesitas & penyakit jantung

Selain berasal dari gen, obesitas juga bisa disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat. Gambir memiliki kandungan katekin yang cukup tinggi. Zat ini bermanfaat untuk mencegah obesitas dan penyakit jantung.

Sejumlah penelitian juga telah menyebutkan bahwa penggunaaan katekin seanyak 650 mg/hari selama 12 minggu terbukti mengurangi berat badan sejumlah 3 kg, mengurangi lingkar pinggang 3 cm dan persentase lemak tubuh 1,5 kg.

Baca juga: Manfaat bawang putih untuk diabetes

Katekin sebagai zat antioksidan juga befungsi mencegah kerusakan sel di dalam tubuh. Hal ini juga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular (penyakit jantung) dan memiliki aktivitas antikanker. Untuk penderita resiko jantung juga bisa memanfaatkan khasiat daun sirih.

2. Meningkatkan sistem imun

Agar tubuh tidak mudah diserang penyakit, perlu punya sistem imun yang baik. Terlebih di era pandemi seperti sekarang, sistem imun yang tinggi sangat dibutuhkan untuk mencegah berbagai virus dan penyakit yang sangat mudah menyebar.

Manfaat getah gambir dinilai baik dalam meningkatkan sistem imun. Kandungan katekin yang mencapai 90% membuat gambir bisa menjadi salah satu alternatif solusi mempunyai sistem kekebalan tubuh yang baik.

3. Mencegah kanker kulit

Sejumlah peneletian dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) menemukan fakta menarik bahwa gambir terbukti bisa mencegah perambatan sel kanker pada kulit. Tentu saja ini karena kandungan katekin yang sangat tinggi.

Itulah mengapa tanaman gambir juga banyak menjadi salah satu komposisi dari produk kecantikan seperti tabir surya. Pemakaian produk kencatikan berbasis gambir dinilai mampu mencegah adanya kanker kulit.

4. Mencegah penyakit lambung & diare

Gambir juga berkhasiat untuk mencegah penyakit lambung. Cara mengunakannya pun cukup sederhana, campurkan ekstrak gambir dengan air hangat dan madu. Minum dengan rutin 2x sehari.

Selain lambung, gambir juga bermanfaat untuk mengatasi diare. Pada dasarnya, gambir memang sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah bakteri penyebab penyakit berkembang dalam tubuh, termasuk diare. Jadi saat Anda mengalami diare dan gangguan pencernaan lain, ekstrak gambir bisa menjadi solusi yang tepat.

5. Mengobati luka

Kandungan antibakteri yang ada di dalam gambir bisa digunakan untuk mengobati luka dengan cepat. Saat Anda mengalami luka, segera taburkan bubuk ekstrak gambir atau getah gambir di bagian luka tersebut, tunggu hingga kering dan bilas.

6. Meningkatkan fungsi vitalitas

manfaat getah gambir untuk kesehatan pria

Bagi para pria, gambir juga terbukti berkhasiat untuk meningkatkan fungsi vitalitas Anda. Manfaat gambir untuk pria sangat banyak mulai dari mengatasi lemah syahwat, meningkatkan durasi hubungan intim, dan mengobati ejakulasi dini, maka tak heran FOREDI sebagai herbal alami khusus tahan lama di ranjang mengandung gambir sebagai salah satu komposisi utamanya.

Tidak hanya itu, gambir juga bisa mengatasi keputihan pada wanita, mencegah penuaan dini, mengatasi jerawat, mengatasi flek hitam dan keriput.

Seperti yang telah disebutkan di atas, manfaat gambir untuk kesehatan sangat beragam. Cara penggunaan atau konsumsinya pun cukup mudah. Banyak juga yang telah menjual ekstrak gambir secara komersial. Jadi Anda bisa lebih mudah menggunakan dan mendapatkan manfaatnya.

Last updated: